Cara Mengobati Kelinci Scabies 2 Hari Sembuh

2 min read

Cara Mengobati Kelinci Scabies – Jika telinga kelinci dan pangkal kuku tidak kelihatan seperti biasanya. Ada seperti kerak yang ada di kulitnya atau kelinci suka mengangkat angkat kakinya.

Biasanya kudis berawal dari pangkal kuku lalu menjalar ke ujung telinga, sekitar mulut sampai ke seluruh tubuh. Tentunya segera melakukan pengobatan ketika masih belum menyebar tentu lebih baik.

Yang menyebabkan dari penyakit Scabies atau bahasa lainnya Gudikan/kudisan berasal dari kutu.

Kondisi kandang yang kotor, tidak terjaga kebersihan dan jarang dibersihkan secara berkala bisa menjadi faktor penyebab. Makanan kotor yang biasa dikonsumsi kelinci juga punya pengaruh.ra Mengobati Kelinci Scabies – jika telinga kelinci dan pangkal kuku tidak kelihatan seperti biasanya. Ada seperti kerak yang ada di kulitnya atau kelinci suka mengangkat angkat kakinya.

Biasanya kudis berawal dari pangkal kuku lalu menjalar ke ujung telinga, sekitar mulut sampai ke seluruh tubuh. Tentunya segera melakukan pengobatan ketika masih belum menyebar tentu lebih baik.

Yang menyebabkan dari penyakit Scabies atau bahasa lainnya Gudikan/kudisan berasal dari kutu.

Kondisi kandang yang kotor, tidak terjaga kebersihan dan jarang dibersihkan secara berkala bisa menjadi faktor penyebab. Makanan kotor yang biasa dikonsumsi kelinci juga punya pengaruh.

Apa itu SCABIES atau GUDIK?

Tunggau scabies biasanya disebut Sarcoptes Scabies. Ia berkembang biak dengan cara bertelur. Penyebaran scabies bisa dari mana saja, dari hewan lain, dari manusia dan yang paling sering adalah dari rumput lapangan. Pada penelitian laboratorium, artinya pada kondisi kering dan suhu kamar (antara 26-31 derajat Celsius), Tungau scabies hanya bisa bertahan 2-3 hari saja. Akan tetapi itu pada kondisi “suhu kamar”.

Jika pada kondisi suhu dingin, dan lembab maka dia akan dapat hidup lebih lama. Itulah sebabnya mengapa selalu disarankan alas kandang sebaiknya dalam kondisi kering dan bersih, karena kalau basah dan lembab , disitulah tungau tungau itu bersemayam dan selalu siap untuk melakukan serangan kekelinci kita.

Tungau dewasa akan bertelur dengan meletakkan diterowongan- terowongan yg bahasa kerennya molting pouches yang bentuknya bisa lurus ataupun zigzag dan berliku-liku. Telur-telur ini akan menetas menjadi larva dalam waktu 3 sampai 4 hari saja. Larva akan berkembang menjadi nimfa atau tungau muda, dan nimfa berkembang menjadi tungau dewasa.

Dari larva sampai menjadi tungau dewasa dibutuhkan waktu 10 sampai 17 hari. Setelah menjadi dewasa tungau-tungau ini akan kawin dan bertelur kembali. Kelinci yang terjangkit gudik akan sering menggaruk bagian yang terjangkit (pada umumnya kuping, kaki, hidung kelinci) sampai bagian tersebut luka bahkan robek dan kelinci yang terjangkit penyakit ini lama-lama akan jadi semakin kurus dan akhirnya berujung kematian.

Cara Mengobati Kelinci Scabies Atau Gudik

Untuk mengobatinya, berikan obat wormectin pada kelinci yang terserang scabies dengan cara injeksi atau menyuntikkannya di bawah kulit kelinci. Wormectin bisa Anda dapatkan di toko pakan ternak atau pet shop.

Cara Penyuntikan Wormectin pada kelinci

  • Siapkan wormectin yang bisa dibeli di toko hewan atau pakan ternak beserta alat suntiknya.
  • Buka dan ambillah cairan obatnya menggunakan alat suntik dengan aturan pakai dosis obat sebanyak 0,02 ml tiap kg berat badan.
  • Suntikkan pada bagian kulit yang berada di tengkuk.
  • Setelah disuntik, lalu tunggu beberapa hari sampai obat tersebut bekerja dan kudisnya rontok.
  • Untuk kelinci yang sudah parah, biasanya disuntikkan sebanyak 3 kali dengan selang waktu 4—6 hari. Namun, ada juga yang menyuntikannya sebanyak 3 kali selama 3 hari berturut-turut.
  • Untuk yang masih gejala atau bintik kasarnya masih kecil, biasanya cukup menyuntikkannya sekali saja.

Demikian tutorial saya tentang cara mengobati kelinci scabies yang bisa saya bagikan kepada kalian semua semoga panduan ini bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *