17 Ciri-Ciri Kelinci Hamil dan Mau Melahirkan ( Terlengkap )

3 min read

17 Ciri-Ciri Kelinci Hamil dan Mau Melahirkan ( Terlengkap ) – Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, pasti akan sangat gembira mengetahui jika hewan peliharaannya hamil. Khususnya Anda yang saat ini sedang memelihara kelinci, tentu hal itu merupakan suatu kabar gembira. Anda akan memiliki anak kelinci baru setelah induknya melahirkan.

Jika Anda sedang menggeluti bisnis kelinci, hal ini akan menjadi suatu keuntungan yang besar. Semakin sering kelinci hamil, semakin banyak anaknya dan akan semakin berpotensi menghasilkan keuntungan. Meskipun, pada dasarnya kelinci memang merupakan hewan peliharaan yang cepat hamil.

Namun, tak semua orang atau pecinta kelinci yang mengetahui bagaimana ciri-ciri kelinci yang sedang hamil. Padahal, saat hamil, kelinci butuh asupan gizi yang lebih dari biasanya. Kurangnya perhatian dan asupan gizi saat hamil bisa menyebabkan dampak buruk bagi anak-anak kelinci yang akan dilahirkan.

Untuk itu, Anda perlumengetahui ciri-ciri kelinci hamil sehingga bisa merawatnya dengan baik.

ciri-ciri kelinci hamil

1. Menjadi Lebih Sensitif

Jika biasanya Anda mudah untuk menangkap dan mengelus kelinci, pada saat hamil hewan lucu tersebut bisa langsung lari menghindar atau menjauh dari jangkauan Anda. Jika hal itu terjadi, kemungkinan besar kelinci Anda sedang hamil, sehingga sulit dikendalikan.

2. Menjadi Lebih Agresif

Saat kelinci sedang hamil, hewan-hewan lucu tersebut tak hanya akan menghindari Anda, tetapi juga bisa menjadi lebih agresif dari sebelumnya. Mereka bisa saja mencakar Anda, padahal sebelumnya kelinci tersebut belum pernah melakukannya.

Tak hanya Anda, kelinci bahkan lebih agresif pada kelinci jantan. Mereka bisa menyerang pasangannya. Oleh karena itu, jika Anda mengetahui ciri-ciri ini, pisahkanlah kandang kelinci betina dan jantannya.

3. Menjadi Lebih Lapar

Ketika sedang hamil, kelinci membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak dari sebelumnya. Maka perhatikanlah asupan gizi dan tambahkan porsi makan kelinci agar kelinci Anda dan janin di dalamnya tetap sehat.

Jika asupan makanannya kurang, kelinci bisa menjadi kanibal dengan memakan anak-anak kelinci di sekitarnya. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika telah mengetahui gejala seperti ini.

4. Minum dalam Jumlah yang Banyak

Ciri-ciri kelinci hamil juga bisa dilihat dari porsi minumnya. Selain nafsu makan yang lebih banyak dari sebelumnya, porsi minum kelinci yang sedang hamil juga menjadi lebih besar. Satu botol air yang biasanya habis dalam dua belas jam, kini bisa habis sebelum dua belas jam. Jika hal ini terjadi, bisa jadi kelinci Anda sedang hamil.

5. Perut Tampak Membesar

Umunya, kelinci memiliki masa mengandung selama satu bulan. Oleh karena itu, pada masa kehamilan minggu kedua sudah bisa terlihat perubahan pada perutnya. Jika perutnya membesar, kemungkinan kelinci Anda memang sedang hamil.

6. Terasa Ada Benjolan di Bagian Perut

Jika Anda sudah mahir dalam melihat ciri-ciri kelinci yang sedang hamil, Anda bisa mencoba teknik palpasi atau perabaan di bagian perutnya. Tanpa menunggu perut kelinci membesar, Anda bisa melakukan teknik palpasi pada bagian perut yang tepat untuk merasakan ada benjolan di sana.

7. Tidak Mau Dikawinkan

Ketika kelinci betina Anda menjauu bahkan berlari saat Anda masukkan ke kandang bersama kelinci jantan untuk dikawinkan, kemungkinan hal tersebut merupakan tanda-tanda kelinci betina Anda sedang hamil.

8. Mulut Berwarna Merah

Ciri-ciri kelinci hamil salah satunya bisa dilihat dari warna mulutnya. Warna mulut kelinci yang sedang hamil akan tampak lebih merah dari biasanya.

9. Hidung Berwarna Merah

Tak hanya mulut, hidung kelinci yang sedang hamil pun akan terlihat lebih merah dari biasanya. Jika Anda melihat mulut dan hidungnya lebih merah, kemungkinan kelinci Anda sedang hamil.

10. Mencakar-Cakar Kandang Bagian Bawah

Secara alamiah, kelinci yang sedang hamil dan akan melahirkan akan mengorek-ngorek atau mencakar-cakar kandang bagian bawahnya. Naluri alaminya membuat induk kelinci membuat sendiri tempat melahirkannya.

11. Terlihat Gusar

Umumnya, jika usia kandungan kelinci sudah tua dan sudah dekat waktunya untuk melahirkan anak-anaknya, maka hewan-hewan peliharaan tersebut akan tampak gusar. Hal ini biasanya terjadi antara kehamilan di hari ke 23 hingga 29.

12. Mulut Tampak Semakin Merah

Warna merah yang tampak pada mulut kelinci di fase ini berbeda dengan warna merah di fase sebelumnya. Jika usia kehamilan kelinci semakin tua, warna merah pada mulutnya akan lebih terlihat bahkam seperti warna merah hati.
Apabila ciri-ciri kelinci hamil sudah mencapai tahap ini, maka persiapkanlah segala keperluan kelinci Anda untuk melahirkan anak-anaknya.

13. Bulu-bulu Rontok

Anda tak perlu panik jika melihat kelinci kesayangan Anda mengalami kerontokan pada bulu-bulunya. Sebab, hal itu bukanlah suatu penyakit, melainkan bisa jadi sebuah tanda bahwa kelinci Anda sedang hamil.
Umumnya, kerontokan bulu terjadi saat usia kandungan kelinci sudah tua. Hal itu merupakan akibat terjadinya perubahan hormon pada tubuh kelinci Anda menjelang persalinannya.

14. Puting Tampak Menonjol

Hewan mamalia seperti kelinci nantinya akan menyusui anak-anaknya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui bahwa kelinci Anda sedang hamil dengan melihat puting yang berada di bagian atas perut kelinci lebih menonjol dari sebelumnya.

15. Puting Berwarna Kemerahan

Tak hanya tampak menonjol secara fisik, puting kelinci yang sedang hamil juga akan tampak lebih kemerahan dari sebelumnya. Semakin tua usia kehamilan kelinci betina Anda, maka warna merah pada putingnya akan terlihat semakin cerah.

Untuk mengetahui ciri-ciri kelinci hamil dengan mengecek puting susunya memang sedikit lebih repot. Hal itu dikarenakan Anda harus membalik tubuh kelinci agak miring agar bagian puting kelinci bisa dilihat. Ditambah lagi, kelinci yang sedang hamil menjadi lebih sensitif sehingga Anda akan lebih sulit lagi melakukannya.

16. Keluar Cairan pada Alat Vitalnya

Ketika kelinci Anda hendak melahirkan, mereka akan mengeluarkan cairan sebelum proses persalinan. Jika Anda menemukan hal tersebut, maka Anda akan memiliki anak kelinci baru.

17. Keluar Cairan Mirip Susu pada Putingnya

Jika usia kehamilan kelinci susah memasuki atau mendekati fase melahirkan, akan terjadi perubahan hormon pada tubuhnya dengan memproduksi air susu dari kelenjar susunya. Jika hal itu terjadi, maka itu merupakan pertanda terkuat bahwa kelinci Anda sedang hamil.

Itulah 17 ciri-ciri kelinci hamil yang perlu Anda atau para pecinta kelinci lainnya ketahui. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, Anda akan bisa memperhatikan dan merawat kelinci dengan lebih baik lagi sehingga kelinci bisa melahirkan anak-anaknya dalam kondisi sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *