Cara Mengobati Kelinci Mencret Secara Praktis Agar Cepat Sembuh

3 min read

Cara Mengobati Kelinci Mencret Secara Praktis Agar Cepat Sembuh – Jika kelinci Anda mengeluarkan kotoran yang lembek saat buang air besar, atau bahkan kotorannya berupa cairan berwarna hijau atau kecokelatan, hal itu merupakan pertanda bahwa kelinci Anda sedang mencret, atau dengan kata lain disebut dengan diare.

Ada beberapa ciri yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui apakah kelinci Anda sedang sakit atau tidak. Beberapa dari ciri-ciri tersebut adalah mata kelinci Anda sedikit menutup dan sayu, kelinci tampak lemas dan malas berdiri, warna bulu kelinci tidak terlihat cerah, nafsu makannya berkurang, kaki depan diselonjorkan akibat menahan sakit di perut, hingga suara gigi yang beradu.

Ciri-ciri di atas menandakan kelinci Anda sedang mengalami perut kembung dan diare atau mencret. Faktornya bisa bermacam-macam. Umunya, kelinci mengalami diare akibat kondisi kandang yang lembab dan kurang bersih. Akibatnya, kandang menjadi sarang virus dan bakteri yang membuat kelinci menjadi sakit, terutama di bagian pencernaan.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengobati kelinci mencret. Namun, sebelumnya Anda juga harus tahu bahwa faktor cuaca juga bisa menyebabkan kelinci Anda mengalami diare. Hujan deras dan angin kencang, serta daya tahan tubuh kelinci yang kurang bagus membuat hewan peliharaan Anda mudah terserang penyakit.

Apalagi jika kelinci Anda sedang dalam kondisi perut kosong alias lapar saat menghadapi cuaca yang tidak bersahabat, akan lebih mudah lagi virus dan bakteri menyerang bagian pencernaannya.

Pelet yang sudah kadaluarsa juga bisa menyebabkan kelinci Anda diare. Oleh sebab itu, selalu periksa tanggal kadaluarsa makanan yang hendak Anda berikan pada hewan peliharaan Anda tersebut. Jangan sampai Anda memberikan makanan yang sudah rusak dan berjamur.

Selain beberapa faktor di atas, makanan yang kotor atau tidak baik untuk kelinci juga bisa menjadi penyebab mereka terkena diare. Jika sayuran masih sangat segar dan mengandung banyak air, jemurlah terlebih dahulu untuk mengurangi kadar airnya sebelum diberikan kepada kelinci Anda.

Cara Mengobati Kelinci Mencret

Perlu Anda ketahui bahwa sayuran yang masih segar dan sayuran yang baru diambil dari kulkas menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan pencernaan pada kelinci. Oelh karena itu, Anda perlu membuat sayuran tersebut menjadi sedikit layu sebelum memberikannya pada kelinci Anda agar kadar airnya berkurang.

Jika kelinci Anda sudah terlanjur mengalami diare, Anda harus segera mengobati dan tahu cara mengobati kelinci mencret agar tidak menimbulkan efek yang lebih parah. Sebab, kelinci pada dasarnya merupakan hewan peliharaan yang mempunyai sistem pencernaan yang peka. Mereka tidak bisa diberi makan sembarangan. Sebab, kelinci tak memiliki lambung seperti hewan lainnya dan hanya mencerna makanan pada usus besar.

Dengan hanya mempunyai satu usus saja, mekanisme pencernaan kelinci akan menjadi berat. Sebab, mereka tidak bisa memuntahkan makanannya jika salah makan sehingga berakibat pada penyakit diare atau mencret.

Berikut cara yang perlu Anda lakukan jika kelinci Anda mengalami diare sebelum membawanya ke dokter hewan.

1. Pisahkanlah Kandang Kelinci yang Sakit dengan Kelinci yang Sehat

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat kelinci Anda mengalami diare tentunya adalah dengan mengkarantina kelinci tersebut dan memisahkannya dari kelinci lain yang sehat. Jangan pernah menyatukan kelinci sakit dan kelinci sehat dalam satu kandang. Sebab, penularan diare pada kelinci lain sangat cepat penyebarannya.

Jika hal itu terjadi, tentu Anda akan lebih repot lagi karena jumlah kelinci yang mengalami diare lebih banyak dari sebelumnya. Bahkan, mungkin penyakit tersebut akan lebih parah lagi menyerang kelinci-kelinci Anda.

2. Bersihkan Kandang dan Semprot Desinfektan

Cara mengobati kelinci mencret yang kedua adalah dengan membersihkan kandang kelinci dan menyemprotkannya dengan desinfektan. Penyemprotan desinfektan bertujuan agar seluruh bakteri dan virus yang ada dalam kandang kelinci Anda mati dan tidak menyebar semakin banyak.

Jagalah kandang kelinci Anda agar tetap bersih dan tidak lembab. Usahakan agar kandang tersebut selalu mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.
Hindari Kotoran Kelinci yang Mencret dari Makanan Kelinci Lain

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan ketika ada kelinci Anda yang mengalami diare adalah dengan selalu menjauhkan kotoran dari kelinci yang mencret dengan makanan kelinci. Sebab, hal tersebut membuat penularan diare berkembang dengan cepat.

Jika sebelumnya Anda telah memisahkan kandang mereka, kemungkinan besar makanan kelinci lain tidak akan terkena kotoran dari kelinci yang mencret tersebut.

3. Beri Makan Jambu Biji

Untuk menangani kelinci mencret, ada beberapa pengobatan yang bisa Anda lakukan, salah satu cara mengobati kelinci mencret adalah dengan pengobatan tradisional atau bahan organik. Salah satunya dengan cara memberikan makanan pada kelinci berupa daun pisang muda pada pagi hari. Hal ini terbukti ampuh sebagai pencegahan.

Untuk menghentikan diare pada kelinci, Anda bisa memberikannya jambu biji sebagai obat utama. Hal ini tentunya bisa dilakukan jika kelinci Anda masih mau makan. Sebab, saat diare kelinci kehilangan nafsu makannya.

4. Gunakan Abu Gosok

Jika memberi makan tidak bisa dilakukan, Anda bisa menggunakan abu gosok sebagai cara penyembuhan kelinci yang sedang diare. Caranya adalah dengan menaburkan abu gosok ke seluruh area kandang dan mengoleskannya pada anus kelinci yang sedang sakit.

Cara tersebut mungkin terdengar aneh di telinga Anda, tetapi terbukti efektif dalam mengobati kelinci yang sedang diare.

5. Berikan Minum Air Garam

Saat diare, kelinci akan banyak kehilangan cairan tubuh. Oleh sebab itu, agar kelinci Anda tidak lemas, berikanlah air yang telah dicampur dengan satu sendok teh garam pada wadah air minumnya. Anda juga bisa mengganti air garam tersebut dengan cairan oralit.

Jika kelinci Anda sudah tampak sangat lemas dan tidak bisa minum sendiri dari wadahnya, Anda bisa meminumkannya pelan-pelan dengan menggunakan sedotan atau sendok kecil ke mulutnya.

6. Beri Obat Kimia

Jika kelinci Anda sudah mengalami diare akut, yaitu dengan mengalami gejala sulit untuk bergerak dan nafsu makan berkurang secara drastis, maka Anda perlu memberinya obat antibiotik. Obat tersebut ampuh mengatasi peru kembung pada kelinci hingga diare atau mencret.

Demikianlah cara mengobati kelinci mencret yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa bantuan dokter. Selalu jaga kebersihan kandang dan makanannya agar kelinci Anda tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *